Optimalkan Pola Pikir Anda Untuk Sukses Poker

Pemain poker yang rajin dan perenang terhebat sepanjang masa Michael Phelps harus banyak mengajarkan tentang kekuatan pola pikir. Dalam bukunya No Limits: The Will to Succeed, dia menjelaskan bagaimana pelatihnya Bob Bowman akan mendorongnya dalam pelatihan bahkan ketika dia masih kecil. Setiap kali dia memberi tahu pelatihnya bahwa dia tidak tahan lagi, Bowman akan memberitahunya bahwa ada perbedaan besar antara tidak bisa dan tidak. Saat Phelp mengatakannya kembali, Bowman berkata kepadanya, “Tidak bisa – itu kata yang sulit. Mari kita pertahankan kekuatan kita dan berhenti membuang-buang waktu tidak bisa ketika kita benar-benar tidak mau. ”

Jelas bahwa Phelps mencamkan nasihat Bowman karena ia telah memenangkan lebih banyak medali emas Olimpiade daripada siapa pun dalam sejarah – ia memiliki 28 medali dan pesaing terdekatnya “hanya” 18! Hal ini menunjukkan bahwa mengubah pola pikirnya dari tidak bisa menjadi tidak akan membuahkan hasil bagi Phelps. Pola pikir Anda juga merupakan alat yang ampuh, dan bisa membebaskan atau melemahkan. Dalam artikel ini, saya akan membagikan 5 cara untuk meningkatkan pola pikir Anda sehingga Anda akan lebih mungkin sukses. Ayo mulai!

Pola pikir adalah istilah yang digunakan psikolog untuk menggambarkan “kerangka atau lensa mental yang secara selektif mengatur dan menyandikan informasi, dengan demikian mengarahkan individu ke cara unik untuk memahami pengalaman dan membimbing seseorang menuju tindakan dan tanggapan yang sesuai.”

Dengan kata lain, pola pikir yang Anda pilih untuk diadopsi adalah lensa yang Anda gunakan untuk memahami dunia. Mereka ditentukan oleh keyakinan dan sikap Anda dan mereka sangat menentukan tanggapan Anda terhadap situasi dan peristiwa yang Anda hadapi setiap hari. Misalnya, ketika Anda berada di meja poker, apakah Anda berharap dapat menangani tantangan apa pun yang menghampiri Anda atau apakah Anda berharap mudah kewalahan dan miring jika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan Anda? Sangat mudah untuk membayangkan tampilan mana yang kemungkinan besar akan membantu dan mana yang tidak!

Cara kita memandang situasi apa pun memiliki implikasi yang sangat besar bagi kesuksesan jangka panjang kita. Memilih untuk melihat kekalahan sebagai tantangan yang harus diatasi adalah pola pikir yang positif sedangkan memandang bahwa tantangan adalah ancaman yang harus dihindari adalah pola pikir yang negatif. Dan ini hanya beberapa kemungkinan pola pikir yang dapat Anda gunakan. Hal penting untuk disadari adalah bahwa pola pikir kita sangat menentukan hasil kita. Sebagai manusia, kita diatur untuk bertindak sesuai dengan apa yang kita pikirkan dan yakini. Jadi, jika Anda menginginkan hasil yang berbeda, Anda harus mengubah pola pikir Anda.

Mari kita lihat 5 cara sederhana untuk menyesuaikan pola pikir Anda sehingga Anda memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mewujudkan potensi poker Anda sepenuhnya.

1. Gunakan bahasa yang memberdayakan. Perhatikan pikiran yang muncul di kepala Anda dan kata-kata yang Anda pilih untuk diucapkan. Apakah Anda berpikir dan mengatakan hal-hal seperti “Saya tidak pandai matematika” atau “Saya tidak akan pernah bisa menghafal semua rentang pembukaan preflop ini” atau “Saya tidak pernah bisa belajar membaca tangan”? Ini semua adalah pikiran negatif yang mendorong Anda untuk menyerah. Alih-alih, katakan dan pikirkan hal-hal seperti, “Saya akan mencari tahu” atau “Saya memilih untuk mengerahkan seluruh kemampuan saya dalam belajar poker” atau “Saya belum menguasai membaca tangan.”
2. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang baik. Orang-orang di sekitar kita memiliki pengaruh yang besar terhadap perasaan dan perilaku kita. Jika Anda ingin menjadi orang yang rajin, bergaul dengan orang yang rajin lainnya. Apakah Anda dikelilingi oleh orang-orang yang memberi tahu Anda bahwa tujuan dan impian Anda gila atau apakah Anda memiliki teman dan keluarga yang mendukung dan mengingatkan Anda bahwa Anda memang memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi sukses? Mereka mengatakan Anda menjadi rata-rata dari lima orang yang paling sering Anda habiskan di sekitar jadi pilihlah dengan bijak!
3. Ubah identitas Anda. Cara termudah untuk mengubah pola pikir Anda adalah dengan mengubah identitas Anda menjadi orang yang Anda inginkan. Artinya, Anda menjadi tipe orang yang bisa mencapai hal-hal yang ingin Anda capai. Katakanlah Anda ingin menaklukkan kemiringan. Untuk mengubah identitas Anda menjadi keajaiban tanpa kemiringan, Anda perlu mulai berkata kepada diri sendiri, “Saya adalah tipe orang yang tenang, keren & tenang bahkan ketika ada yang tidak beres bagi saya.” Tindak lanjuti ini dengan mengambil tindakan yang akan dilakukan oleh orang yang mirip zen. Tanyakan pada diri Anda, “apa yang akan dilakukan Tommy Angelo di tempat ini?” dan bertindak sesuai. Semakin sering Anda melakukan ini, semakin selaras identitas dan perilaku Anda dan pada akhirnya, Anda akan menjadi tipe orang yang tetap tenang di bawah tekanan.
4. Percaya apa yang membantu untuk percaya. Kami memiliki kendali atas pikiran mana yang kami pilih untuk dipercaya, jadi masuk akal untuk percaya bahwa memberdayakan pikiran. Kebanyakan psikolog menerima pandangan bahwa pikiran bertindak seperti kotak saran yang selalu memunculkan ide – dari yang biasa sampai yang benar-benar menjengkelkan. Anda dapat melatih diri Anda untuk memperhatikan pikiran dan keyakinan yang membantu sambil melepaskan sisanya.
5. Kendalikan perilaku Anda. Cara paling efektif untuk membangun pola pikir yang percaya diri dan positif adalah dengan bekerja secara konsisten. Kerjakan fundamental Anda dan kuasai keahlian Anda. Jangan hanya melakukan pekerjaan yang cukup baik. Pergi lebih jauh. Lihatlah setiap “kegagalan” sebagai situasi pembelajaran dan kemudian lakukan pekerjaan untuk memastikan Anda memperbaiki masalah apa pun yang menghadang Anda.

Seperti pendapat bijak Epictetus, “Ini bukan apa yang terjadi pada Anda, tetapi bagaimana Anda bereaksi terhadapnya yang penting.” Jika Anda ingin memiliki kesempatan terbaik untuk mewujudkan potensi penuh Anda pada perasaan (dan dalam kehidupan), sangat penting untuk melihat reaksi Anda. Apakah Anda membuat penghalang di jalan Anda sendiri? Seperti yang dipelajari Phelps, ada perbedaan besar antara tidak bisa dan tidak.